Cara Bikin Efek Tulisan Cover Film ‘THE WOLFMAN’ Dengan Photoshop

Berikut ini saya mencoba membuat efek tulisan seperti yang ada pada cover film The Wolfman, tentunya dengan bantuan software Photoshop. Baiklah langsung saja, karena topik kita berkenaan dengan tulisan, maka tool yang akan digunakan adalah Type Tool, apa itu type tool? Type tool itu alat yang biasa digunakan untuk membuat tulisan/Teks dalam Photoshop (hehehe). Nah berikut ini gambar cover ‘The Wolfman’, ingat kita hanya mencoba meniru efek tulisannya saja.
Berikut langkah-langkahnya:

1.     Bikin dokumen baru. Klik File -> New, pada jendela dialog New isikan seperti pada gambar berikut ini, setelah itu klik OK.

2.      Beri warna hitam pada layer 1 (yang barusan dibuat) dengan Paint Bucket Tool.
3.   Kemudian aktifkan/klik Horizontal Type Tool. Ketikan teks ‘THE’ dengan jenis font Times New Roman, ukuran 24 pt, pada kotak warna, ganti dengan warna putih.
4.    Buat tulisan baru ‘WOLFMAN’ yang lebih besar dari teks sebelumnya dengan jenis font Times New Roman, ukuran 60 pt, dengan warna putih.
5.     Gunakan Move Tool (V) untuk memposisikan teks seperti gambar berikut:

6.      Duplikat layer teks ‘WOLFMAN’ dengan cara tekan Ctrl+J, akan muncul layer baru dengan nama ‘WOLFMAN copy’, lalu pindahkan layer ‘WOLFMAN copy’ tepat di bawah layer ‘WOLFMAN’. Sehingga urutan posisinya jadi seperti berikut ini:


7.      Pastikan layer teks ‘wolfman copy’ aktif dengan cara menge-kliknya. kemudian mengubah layer teks ‘WOLFMAN copy’ menjadi layer gambar dengan cara klik pada menu Layer -> Rasterize -> Layer. [Catatan: setelah layer teks di-rasterize maka kita tidak bisa mengedit tulisan dengan Type Tool karena layer teks sudah berubah menjadi layer gambar]
8.   Klik Filter -> Blur -> Motion Blur, akan muncul kotak dialog Motion Blur, isikan Angle dengan 90® dan Distance dengan 20 pixel. Ubah Opacity-nya menjadi 45%.

9.   Buat layer baru dengan cara klik Layer -> New -> Layer ->OK, akan muncul layer baru dengan nama layer 2, selanjutnya gunakan Freeform Pen Tool untuk membuat garis yang nantinya akan diberi efek blur, lebih jelasnya lihat gambar.

10.  Klik Brush Tool, ganti diameternya menjadi 6 px. Pastikan warna Foreground-nya putih. Kemudian aktifkan/klik lagi Freeform Pen Tool -> klik kanan pilih -> Stroke Path… -> pilih Brush (hilangkan tandan cek pada Simulate Pressure)
11. Jika sudah, klik kanan lagi ->pilih Delete Path untuk menghilangkan garis Path. Sampai di sini hasilnya kaya gini.

12.  Klik Filter -> Blur -> Motion Blur, akan muncul kotak dialog Motion Blur, isikan Angle dengan 90® dan Distance dengan 20 pixel -> OK. Ubah Opacity-nya menjadi 45%.


13.  Klik/aktifkan layer teks ‘WOLFMAN’, kemudian klik Layer -> Layer Style -> Inner Shadow…, ubah nilai Distance menjadi 0, Choke 0, Size 3. -> OK.
14.  Selesai. Hasilnya kaya gini. Walaupun gak sama persis tapi setidaknya sudah mencoba. Hehe

Selamat mencoba! Terima Kasih Telah Membaca Tutorial Photoshop di Dukun Design (Tips-Trik dan Teknik Belajar Photoshop)





10 comments:

  1. blogger baru ya?
    keep blogging ya bro. :)
    kebetulan saya juga sedang belajar photoshop dari nol. mohon bantuannya. :D

    ReplyDelete
  2. yups... senang bisa membantu bro :)

    ReplyDelete
  3. wah, ternyata disini ada blog tutorial juga seperti saya :D

    Langkah 13 itu buat apa bro??


    by psdesain[dot]net

    ReplyDelete
  4. Cuman mau kritik sob. Seharusnya langkah nomor 1 itu bakar kemenyan/dupa. Kan dukun, jadi bakar kemenyan itu wajib dilakukan.

    NB: Profile buat komentarnya tambahin URL sob, nggak bisa ninggalin alamat saya dong

    majuter(dot)us

    ReplyDelete
  5. wah dukun design tidak pake ritual bakar kemenyan gan, takut pengunjungnya bukan dari bangsa manusia lagi :D

    ReplyDelete
  6. Nice brow,
    udah kasi tw buat Cover tu,
    mumpung gg tw cara'a.

    ReplyDelete
  7. sama-sama gan, thanks ya dah mampir :)

    ReplyDelete
  8. gan, ijin minta link dong...
    ane juga ada tutorial photsopnya...

    mohon linknya gan...

    ReplyDelete
  9. spriiitttt....spirrriiiiittttt....
    ane nyoto dulu gan....
    hahhaa

    ReplyDelete