Teknik Seleksi Dengan Pen Tool Photoshop

Ada beberapa cara untuk menyeleksi sebuah objek/gambar dalam Photoshop. Diantaranya yaitu dengan menggunakan Marquee Tool, Lasso Tool, Patch Tool, Color Range, Magic Wand Tool dan masih ada beberapa teknik seleksi Photoshop yang belum disebutin. Namun pada postingan kali ini saya tidak akan berbicara tentang semua tool tersebut (mungkin di lain kesempatan, pelan-pelan saja). Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana Cara Menyeleksi Objek Dengan Pen Tool Photoshop sebagai salah satu dasar untuk berkreasi dengan Photoshop.  
1.      Aktifkan Pen Tool (P)
2.     Kemudian, klik satu kali pada sisi objek yang akan diseleksi sebagai langkah awal untuk menyeleksi. Selanjutnya sempurnakan proses menyeleksi dengan cara meng-klik disekeliling/sisi objek yang akan diseleksi hingga kembali lagi ke titik awal. Jika muncul lingkaran kecil pada Pen Tool berarti sudah kembali ke titik awal ketika anda mulai menyeleksi. (catatan: istilah seleksi hanya untuk memudahkan penjelasan saja. Pada tahap ini sebenarnya kita sedang membuat Path/garis lintasan). untuk membuat seleksi ikuti langkah selanjutnya :D
3.   Ok. Jika sudah maka hasilnya akan membentuk sebuah garis pembatas sesuai dengan alur yang kita buat. Lihat gambar.
4.   Selanjutnya untuk membuat seleksi caranya klik kanan --> pilih Make Selection… --> akan muncul kotak dialog klik OK saja.
5.     Jika sudah, maka akan muncul garis putus-putus yang menandakan objek telah terseleksi.
6.    Selesai. Sampai di sini kita telah membuat objek seleksi dengan Pen Tool, selanjutnya terserah anda mau diapain hasil seleksi tersebut.
7.     Sedikit tambahan, untuk menghapus objek terseleksi dengan Pen Tool, anda tinggal tekan delete pada keyboard. Jika diinginkan hasil yang lebih halus, aktifkan dahulu Marquee Tool atau Lasso Tool kemudian pada option Feather isikan 1 px atau 2 px.
8.    Semoga bermanfaat.  

Terima Kasih Telah Membaca Tutorial Photoshop di Dukun Design (Tips-Trik dan Teknik Belajar Photoshop)

14 comments:

  1. Hanya tambahan.

    Seharusnya, setelah memilih Pen Tools, kita juga harus memilih Paths dari Option Bar. Karena terkadang pilihan default dari Pen Tools di Option Bar adalah Shape Layers yang memblok path dengan warna foreground. Kita akan kesulitan memilih obyek bila pathnya tertutupi warna foreground.

    Leo at majuter.us

    ReplyDelete
  2. thanks mas Leo atas masukannya, komentar anda turut melengkapi postingan ini... maklum mbah dukun suka lupa :D

    ReplyDelete
  3. Wah tutorialnya menarik :)

    ReplyDelete
  4. ngikut nyimak gan....

    ReplyDelete
  5. Apa tolls ini bisa digunakan untuk menyeleksi rambut juga ? Misalnya kita akan menghapus background Orang trus rambut orang tersebut jabrik. Kalau ada tools yang lebih baik untuk menyeleksi rambut, mohon diposting gan. TengQ... Salam Blogger...

    ReplyDelete
  6. susah gan kalo pake pen tool... untuk seleksi rambut pake teknik refine edge photoshop cs5, lumayan detail hasilnya, tutorialnya dah saya posting. :D

    ReplyDelete
  7. bagus bos tutornya....tambah lagi dung tutornya...biar saya banyak belajar...

    ReplyDelete
  8. terima kasih atas tutorialnya..

    ReplyDelete
  9. Om izin lihat2 blognya. sangat membantu bagi saya yang baru membuat blog photoshop

    ReplyDelete