Cerita Pertama Kali Mengenal Adobe Photoshop

Kali ini saya ingin sedikit bercerita saja, ya bisa dibilang curhat (curahan hati), ini cerita tentang pertama kalinya saya kenal dengan Adobe Photoshop. Jadi begini ceritanya, awal mula saya suka dengan software Photoshop adalah ketika terpikir dalam benak saya “seandainya saya bisa punya poto bareng dengan artis-artis kesukaan saya…”. Saat itu saya pengen sekali bisa berada di samping artis cantik favorit saya Titi Kamal (walaupun Cuma dalam gambar hehe), tapi itu dulu, kalo sekarang saya ngefans sama saya sendiri saja (oh my god, jangan di masukkin hati ya). Dan tentu saja photo di samping bukan photo saya. :D


Kemudian saya mencari informasi tentang software yang bisa menggabungkan dua poto sekaligus (maklum baru bisa hidupin computer, jadi belum tahu banyak tentang dunia IT, apalagi desainer grafis, gak ngerti sama sekali). 

Akhirnya saya bertanya pada temen saya, dan katanya memang ada software yang bisa menggabungkan dua poto bahkan lebih, selain itu software tersebut banyak digunakan oleh para desainer-desainer grafis terkenal, apalagi kalo bukan Adobe Photoshop. Saat itu masih Photoshop versi 7.0. kalau saat ini kan sudah ada versi terbarunya yaitu Adobe Photoshop cs5 yang dirilis tahun 2010 lalu.
 
Saya pun langsung kegirangan mendengar kabar tersebut, dan saya minta bantuan temen untuk mengedit poto saya supaya disandingin dengan potonya Titi Kamal. Dan hasilnya, benar-benar kurang memuaskan, maklum dia juga belum terlalu paham dengan tool-tool yang ada dalam Adobe Photoshop. Akhirnya saya berusaha mengedit sendiri dengan pengetahuan yang sangat minim tentang Photoshop, dan saya percaya kalau saya pasti bisa menggunakan software keren ini. Satu persatu tool yang ada saya cobain kemudian saya pahami dan kenali fungsi-fungsinya menurut persepsi saya sendiri. 

Saat itu saya menggunakan tool Photoshop tanpa ada teori ataupun tanpa didasari dengan penjelasan-penjelasan dari buku-buku yang membahas tentang Photoshop sama sekali. Jadi terkadang saya bingung juga jika ditanya mengenai masing-masing tool yang ada dalam Photoshop gunanya untuk apa saja? Hahaha saya memang sangat payah jika disuruh menjelaskan dengan kata-kata yang benar-benar pas dan mengena.
Setelah beberapa kali mencoba otak-atik poto dengan Photoshop, hasilnya memang belum bisa bikin bangga, tapi dari sinilah saya mulai senang dan saya yakin jika kemampuan ini diasah terus maka, saya pasti bisa menghasilkan karya-karya yang lebih menarik dengan Adobe Photoshop.  

Sambil terus berkarya saya mengasah kemampuan Photoshop saya, dengan membaca dan mengikuti berbagai macam Tutorial Photoshop, artikel Potoshop, Design Grafis, dan tentunya membuat sebuah blog tentang Tutorial Photoshop. Meskipun tutorial Photoshop di sini (dukun design) sifatnya masih sangat dasar, bahkan mungkin ada yang kurang bermanfaat, tapi setidaknya saya bisa berbagi ilmu Photoshop kapada teman-teman/agan-agan dengan menulis di blog dukun design Tutorial Photoshop ini. Dan tentunya Tutorial Photoshop di Dukun Design ini akan terus berkembang sesuai dengan meningkatnya kemampuan saya dalam menggunakan Photoshop. Ini ceritaku, mana ceritamu… :D  Terima kasih ya telah membaca ceritaku.

14 comments:

  1. wuiiiiiiih pengalaman yg unik tuh gan,,,,
    gmana kabrnya sob?

    ReplyDelete
  2. he thanks gan... cuma pengen berbagi pengalaman saja hehehe

    ReplyDelete
  3. Memang, kebutuhan mendesak terkadang membuat kita bisa menguasai sesuatu tanpa kita rencanakan. Seperti agan yang terdesak kebutuhan untuk bisa sesegera mungkin bersanding dengan Titi Kamal :D hahaha...

    Btw, foto sama Titi Kamalnya kok nggak dipost gan?

    ReplyDelete
  4. yups bener juga kata agan, padahal gak sengaja juga bisa maenin photoshop... haha

    pengennya mau di posin juga fotonya gan, tapi dah lenyap dari PC ane... T-T

    ReplyDelete
  5. wah, terharu ndenger ceritanya...., hohoho...

    :)

    ReplyDelete
  6. waduh ada yang sampai terharu juga ta... (biasa ja kalee hahaha) thanks ya pak dah nyempetin mampir di dukun design. :)

    ReplyDelete
  7. critanya mirip ane mbah.....
    tp sayangnya ane blm bisa smpe skrng...
    mkanya ane sll nguber trs tutor tutor mcam ni....
    tengkiu mbah dukun....

    ReplyDelete
  8. sudah berapa tahun gak belajarnya? keren banget otodidak bisa buat tutorial,, salut gan,,, ane juga otodidak tapi belum bisa ngasih tutorial yg bagus, cuma ilmunya di pendam sendiri,,, heheheeeheheee
    salam kenal gan....

    ReplyDelete
  9. Menarik sekali ceritanya, bisa menbginspirasi kita semua
    nice sharing

    ReplyDelete
  10. desain yg sama mba titi nya mn mas? wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Keren tuh mbah. .:D

    http://www.maxinteriorjakarta.com/
    http://interiorjakartakontraktor.blogspot.com
    http://maxinteriorjakarta.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Keren tuh mbah. .:D

    http://www.maxinteriorjakarta.com/
    http://interiorjakartakontraktor.blogspot.com
    http://maxinteriorjakarta.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. Keren tuh mbah. .:D

    http://www.maxinteriorjakarta.com/
    http://interiorjakartakontraktor.blogspot.com
    http://maxinteriorjakarta.blogspot.com

    ReplyDelete