Teknik Cara Memutar Brush Photoshop


Teknik memutar Brush Photoshop ini merupakan teknik dasar Photoshop, namun meskipun teknik ini merupakan teknik dasar Photoshop tapi kalau yang namanya orang belum tahu tentu saja bingung cara melakukannya, betul tidak. Untuk itulah di sini Dukun Design ingin sedikit berbagi ilmu Photoshop kepada anda yang sedang belajar Photoshop (termasuk saya juga sedang belajar Photoshop). Bagi yang suka berkreasi dengan Brush Photoshop (khususnya pemula) mungkin Teknik Memutar Brush Photoshop ini akan sedikit membantu anda dalam Berkreasi Dengan Brush Photoshop

Teknik memutar Brush Photoshop ini akan sangat berguna jika anda bekerja menggunakan bentuk Brush yang sama dengan berulang-ulang. Supaya bentuk Brush terlihat lebih bervariasi dan tidak monoton (supaya tidak terjadi pengulangan-pengulangan bentuk Brush Photoshop) maka ada baiknya anda menggunakan teknik memutar Brush Photoshop ini. Baiklah untuk memutar Brush Photoshop sangatlah mudah, berikut ini dua teknik mudah memutar Brush Photoshop:

Teknik memutar Brush Photoshop yang pertama

Anda tinggal menekan F5 pada keyboard atau dengan mengklik Window -> Brush, maka akan muncul Brush Presets, pada Brush Presets inilah anda bisa mengatur Brush yang ingin anda gunakan. Misalnya mengatur jarak spasi sapuan Brush, jarak penyebaran Brush, memutar Brush, menggepengkan bentuk Brush, mengatur warna Brush dan masih ada beberapa pengaturan Brush lainnya yang belum disebutin (anda bisa mencoba sendiri fungsi dari masing-masing pengaturan dan efeknya pada Brush, di sini hanya akan menekankan pada cara memutar Brush saja). Selanjutnya klik Brush Tip Shape, untuk memutar Brush Photoshop, anda bisa memutarnya pada gambar panah sesuai arah yang anda inginkan ataupun dengan memasukkan angka pada kotak Angle. Lihat tampilan Brush Preset Photoshop Cs5 berikut.
Teknik memutar Brush Photoshop yang kedua

Anda bisa memutar Brush yang sudah anda sapukan pada canvas dengan menekan Ctrl + T pada keyboard. Tapi dengan syarat anda harus membuat sapuan Brush tersebut di atas layer baru (layer transparan). Jadi teknik memutar Brush Photoshop yang kedua ini tidak berfungsi jika anda menyapukan Brush pada Background ataupun Layer 0. Untuk itu, jika anda ingin berkreasi dengan Brush Photoshop alangkah baiknya jika anda membuat tiap sapuan Brush di atas layer baru. Hal ini akan memudahkan anda jika suatu saat terjadi kesalahan, ataupun ketika anda ingin mengubahnya setiap saat kapanpun yang anda mau tidak akan jadi masalah dan tidak perlu merubah semua bentuk desain yang telah anda buat, karena anda membuat setiap desain atau Brush di atas layer yang berbeda.

Sekian, semoga bermanfaat. Jika masih ada teknik memutar Brush Photoshop yang lain silahkan ditambahkan lewat komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel di Dukun Design | Tutorial Photoshop (Tips Dan Trik Serta Teknik Belajar Photoshop)

16 comments:

  1. bermanfaat nih.. dapat teknik baru..hehe thanks

    ReplyDelete
  2. Sudah sembuh monitornya sob? :D hehe

    ReplyDelete
  3. masih numpang laptop saudara gan... curi2 kesempatan, lumayanlah masih bisa buat update blog... hahaha

    ReplyDelete
  4. mantabs gann... baru tahu saya trik ginian.. hahahaha..

    ReplyDelete
  5. gan, tutorialnya sangat bermanfaat banget,,, smoga dapat bertambah ilmunya,,,,,

    ReplyDelete
  6. Terima kasih banyak atas tutorialnya
    salam sukses

    ReplyDelete
  7. Makasih ya teman...
    Salam sukses

    ReplyDelete
  8. Makasih, ini yang saya cari dari tadi :)

    ReplyDelete
  9. thanks gan sangat bermanfaat

    semoga maju blog ini

    ReplyDelete
  10. mkasih gan .,,, sangat bermanfaat ...

    sukses ya.. untuk blognya

    ReplyDelete
  11. gan kalau key dalam keyboard untuk memutar tool brush apa gan?

    ReplyDelete
  12. jika menggunakan cs3 gimana ?

    ReplyDelete