Mendesain Itu Bebas Saja Sesuai Selera

Dari dulu sampai sekarang sebenarnya saya bingung tentang mengapa suatu karya seni (atau hasil desainlah kalau bahasa photoshop di sini) itu dibilang bagus atau jelek. Saya tidak pernah tahu apa yang membuat seseorang menilai sebuah desain itu baik atau jelek. Apakah ada dasar-dasarnya atau kriteria-kriteria tertentu yang membuat sebuah desain itu bisa dibilang baik atau buruk. Menurut saya pribadi sih baik atau buruk sebuah karya desain itu tergantung siapa yang melihat, tergantung masing-masing individulah dan tentunya berdasarkan selera maupun karakter dari orang yang melihatnya. 

Sebuah karya seni desain yang bagus (menurut saya) yang saya buat katakanlah, belum tentu bagus juga menurut orang lain. Bener gak...? Jadi saya pikir penilaian suatu hasil desain ini memang sangat dekat sekali dengan unsur subyektifitas. Untuk itu bebas saja berkreasilah sesukamu dan percaya diri saja dengan hasil desain yang kita buat. 

Berkarya itu bebas saja bro... gunakan kreatifitas dan insting hati nuranimu. Kalau menurutmu desain buatan kamu itu bagus, ya lempeng saja jangan takut dibilang jelek, jelek itu kan menurut orang lain tapi kalau menurutmu itu bagus ya baguslah. Lalu kalau kamu sendiri merasa desain buatanmu itu masih jelek apa yang harus kamu lakukan...? ya berarti kamu harus banyak-banyak belajar dan berlatih sampai hasil desain kamu bisa dibilang bagus minimal kamu sendirilah yang menilai bahwa desain kamu itu bagus. 

Berangkat dari pemikiran tersebut, saya pikir kita malah akan terus menghasilkan banyak karya seni ataupun desain. Dan bukanlah hal yang mustahil jika dari beberapa karya yang kita buat ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata oleh siapapun dan dari manapun. Itu yang ada dalam pikiran saya... apa yang ada dipikiranmu? hehehehe

3 comments: