Memulai Bisnis Desain Grafis



Berikut ini adalah beberapa poin penting sebagai gambaran bagi kamu yang ingin memulai bisnis desain grafis. Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulainya dan kemampuan apa saja yang dibutuhkan. Jika kamu merasa sudah memiliki kemampuan seperti di bawah ini maka selanjutnya tinggal beraksi saja, jangan hanya dipikirkan. Kalau hanya dipikirkan saja semua orang juga bisa ya, namun yang berat adalah menjalankannya.
  • Kemampuan desain. Bagi kamu yang sudah punya kemampuan buat otak-atik gambar atau membuat desain bersyukurlah, karena kamu sebenarnya kamu punya bakat untuk itu. Nah bagi yang belum bisa tenang saja, kemampuan membuat desain grafis bisa didapat melalui pendidikan khusus. Namun, bisa pula dipelajari secara autodidak (belajar sendiri). Atau kalau kamu memang benar-benar mentok gak bisa desain bisa bayar orang untuk membuat desain alias merekrut karyawan.
  • Kemampuan membuat detail dari konsep desain sesuai dengan pesanan atau informasi yang diinginkan klien. Di sini kemampuan desain grafismu benar-benar diuji. Kira-kira kamu bisa atau tidak untuk membuat desain sesuai yang dipesan klien. Jangan asal desain seenaknya ya, mekipun kamu punya gaya desain sendiri, tapi tetap utamakan membuat desain sesuai permintaan klien, syukur bisa membuat kejutan dengan desain yang lebih bagus. Pahami dulu inti dari permintaan desainnya seperti apa, jika sudah ketemu intinya bikin desainnya pun juga enak karena kamu sudah punya gambarannya.
  • Kemampuan untuk mengoperasikan komputer dengan software desain. Kamu tidak harus menguasai semua software desain tapi jika itu bisa kamu lakukan maka lakukanlah. Satu atau dua software desain saya kira cukup asalkan kamu benar-benar bisa menguasainya.
  • Kemampuan untuk memvisualkan pesan melalui tata letak yang menarik perhatian orang.
  • Kemampuan untuk terus mengembangkan kreatifitas sesuai dengan kebutuhan klien dan perkembangan zaman.
  • Kemampuan untuk melihat setiap unsur desain sebagai nillai seni yang menonjolkan unsur keindahan, tanpa menghilangkan nilai pesan/informasi yang terdapat di dalamnya.
  • Kemampuan untuk berkomunikasi dan bernegosiasi dengan klien untuk dapat mempresentasikan karya-karya.
  • Kemampuan untuk menjual dan mempromosikan kemampuan desain untuk mendapatkan klien.
  • Modal finansial dibutuhkan untuk membeli komputer desain, printer, dan scaner (jika diperlukan).
  • Biaya lain diperlukan untuk kegiatan operasional, seperti biaya listrik, tinta printer, kertas, cetak profil perusahaan, dan kartu nama.
Nah bagaimana, kira-kira kamu sudah mengantongi poin-poin di atas atau belum? Jika sudah berarti kamu sudah siap untuk memulai bisnis desain grafis dong... nah bagi yang belum punya kemampuan di atas pun bisa dilatih mulai dari sekarang. Belajar sendiri yang rajin, atau ikut kursus kalau punya duit. Belajar sendiri juga sekarang sudah banyak referensinya, dari buku atau tutorial di internet sekarang sudah banyak. Saya yakin kamu pasti bisa, dan kabar baiknya kamu pasti bisa.

Peluang Bisnis Desain Grafis



Desain grafis merupakan cara untuk menyampaikan pesan yang dikemas dalam tata letak tulisan dan foto/ilustrasi/gambar. Jika kita perhatikan, dunia desain grafis selalu dipakai di dunia pekerjaan mana pun, baik itu jasa, perdagangan, maupun perusahaan non profit. Lalu bagaimana kita melihat peluang bisnis desain grafis ini untuk kita jadikan usaha... nah sebenernya simpel dan peluang itu sangat banyak. Asalkan ada kemauan dan serius disitu ada jalan.

Coba deh luangkan waktu untuk memperhatikan sesuatu di sekelilingmu, atau coba amati ketika kamu sedang jalan-jalan di mal, dipinggir jalan kota, di kios-kios atau di toko... amati gambar apa saja yang bisa kamu lihat... ada brosur, kalender, kartu nama, kop surat, logo, poster, kartu pos, souvenir, koran, majalah, buku, banner, spanduk, kaos, bendera, cover buku lah, pamflet lah, bungkus makananlah dan lain sebagainya. Itu semua produk desain grafis men... Nah baru kebuka kan ide-ide di otak kamu. artinya apa...? artinya bisnis desain grafis ini punya peluang yang sangat besar dan sangat menjanjikan tentunya, dengan catatan asalkan ada kemauan, kerja keras, keseriusan dan tekad desainer grafis. Atau kalau punya modal besar bikin percetakan sekalian juga boleh yang penting tahu resikonya saja. hahaha

Apalagi saat ini banyak konsumen yang membutuhkan jasa desainer grafis, misalnya untuk mempromosikan produk barang/jasa. Baik individu maupun perusahaan. Bahkan saat ini, orang mulai banyak yang menekuni desainer grafis untuk produk online, dari yang kursus desain grafis (eh ini juga peluang juga loh buat kamu yang pengen jadi guru desain, buka kursus desain grafis tuh), kuliah sampai otodidak alias belajar sendiri. Nah ada lagi nih sekarang yang banyak kita jumpai kalau kita jalan-jalan ke web orang, biasanya ada jasa desain web tuh nah itu peluang juga kan....? nah kalau untuk desain web kira-kira masuk kategori desain grafis juga gak ya...? hehehe pikir aja sendiri...

Nah dari segitu banyaknya peluang usaha bisnis desain grafis, kira-kira kamu cocoknya yang mana...??? kira-kira yang bisa kamu jalankan dulu yang mana?? Yang kamu kuasai yang mana...??? peluang sudah ada.. sekarang pertanyaannya adalah bagaimana memulainya...? hehe segini dulu deh.